INFORMASI SEPUTAR DINAS PENDIDIKAN

Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci menjalankan berbagai Situs/WEB yang digunakan untuk mengelola Data Pendidikan dan Mencari Informasi seputar Pendidikan dan diberikan Fasilitas untuk Jaringan Internet dari Kementrian Pendidikan Nasional berupa Jaringan Pendidikan Nasional (JARDIKNAS) dibawah Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PUSTEKKOM) DEPDIKNAS yaitu suatu Lembaga Pemerintah dibawah Departemen Pendidikan Nasional yang bergerak dibidang Pemberdayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan.
 
 
 
Diantaranya Situs/WEB yang berkaitan dengan Info tentang Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci adalah sebagai berikut :

             (informasi sekitar Data Sekolah)

             (informasi sekitar data siswa)

             (informasi sekitar data NUPTK)

             (informasi sekitar profil sekolah)

            (informasi sekitar Jaringan Pendidikan)

(Informasi sekitar sertifikasi guru, untuk lebih lengkap tentang setifikasi guru silahkan buka Menu SERTIFIKASI pada bagian atas)
 
Semua situs diatas dapat aksess oleh semua orang yang terkoneksi/terhubung dengan Internet dan juga dapat di Aksess melalui HandPhone (HP) yang mempunyai fasilitas GPRS atau yang lebih tinggi, seperti ingin melihat Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
Untuk mengelola Situs tersebut diatas disediakan Operator masing-masing wilayah pada Dinas Pendidikan di setiap Kabupaten/Kota dengan memakai situs/web operator jardiknas 
Operator di setiap Dinas Pendidikan meminta Data dari Sekolah masing-masing kabupaten seperti :
1. Untuk Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) data yang diperlukan adalah Biodata siswa setiap tingkat di Sekolah dengan mengisi Format yang telah di sediakan
2. Untuk Nomor Unik Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) data yang diperlukan adalah Biodata Guru dengan mengisi Formulir yang telah disediakan dan mengikuti peraturan yang berlaku.
3. Untuk data PadatiWEB data yang diperlukan adalah Laporan Individu Sekolah dengan Format yang telah disediakan dari Dinas Pendidikan.
Selain dari situs/WEB diatas ada juga Situs/WEB tertentu yang diberikan dari Kemdiknas berupa Kegiatan seperti Ujian Nasional dan Paket. untuk entry data siswanya dilakukan secara ONLINE dan aplikasinya diberikan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (PUSPENDIK), tetapi aplikasi tersebut tidak bisa di aksess secara umum kecuali Operator yang telah ditunjuk untuk tiap-tiap kabupaten/kota dan aplikasi tersebut hanya bisa diaksess dalam 1 kegiatan yaitu pada saat pendataan Calon Peserta Ujian Nasional, setelah Ujian Selesai maka aplikasi ONLINE ditutup kembali.
 
Untuk mengirimkan Informasi serta kesan dan pesan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci melalui:

LampiranUkuran
sprague3.xls51 KB
Model Analisis Pendidikan.xls639.5 KB